Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah (Hipotensi) Secara Alami


Hipotensi adalah kebalikan dari hipertensi (tekanan darah tinggi), hipotensi merupakan kondisi tekanan darah yang tidak normal karena terlalu rendah. Seeorang dikatakan bertekanan darah rendah bila tensinya kurang dari 90/60 mmHg.


Hipotensi biasanya baru menjadi perhatian bila sudah menimbulkan gejala atau gangguan yang berarti. Seperti, merasa pusing lalu jatuh, atau bahkan sampai pingsan. Yang jadi masalahnya, mengobati hipotensi lebih sulit dibandingkan menangani hipertensi. Sebab, obat hipertensi yang sudah banyak dijual di pasaran. Sedangkan, obat untuk mengatasi tekanan darah rendah, nyaris tidak ada obatnya.

Apa pemicunya?

  • Dehidrasi karena kurang minum, demam, diare hebat dan muntah.
  • Mengonsumsi obat tekanan darah tinggi, obat jantung, antidepresi, obat disfungsi ereksi, atau obat untuk parkinson. Penggunaan obat diuretik secara berlebihan, misalnya pil pelangsing.
  • Mengalami anemia, infeksi berat, gangguan jantung, gangguan sistem saraf pusat, gangguan endokrin (termasuk hipotiroid, hipertiroid, diabetes, dan kadar gula darah rendah).
  • Terlalu lama terpapar udara panas, kehamilan, terlalu lama berbaring karena sakit, usia makin tua.

Ini cara mengatasinya :

Pada prinsipnya tekanan darah rendah tidak memerlukan pengobatan. Bila anda merasakan gejala, segeralah berbaring dan biasakan mengubah posisi duduk ke berdiri secara perlahan. Berlawanan dengan pengidap hipertensi, penderita tekanan darah rendah justru dianjurkan menambah konsumsi garam dapur, termasuk makanan asin bergaram. Disarankan total asupan garam sehari diperkirakan setara dengan 10-20 gram (1-2 sendok makan).

Tekanan darah rendah juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi kopi, bayam, cabe, coklat, lada, hati ayam kampung/sapi/kambing, susu, mentega, keju dan jahe merah. Sebaliknya hindari makanan yang pahit, asam, dan ketimun.

  • Minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak antara 8 hingga 10 gelas per hari, sesekali minum kopi agar memacu peningkatan degup jantung sehingga tekanan darah akan meningkat.
  • Pada wanita dianjurkan untuk mengenakan stocking yang elastis untuk melancarkan peredaran darah.

Ditulis oleh Petti Lubis

Subscribe to receive free email updates:

25 Responses to "Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah (Hipotensi) Secara Alami"

  1. terima kasih bang ade....
    informasi ini sangat saya cari, karena mama saya termasuk penderita hipotensi....

    BalasHapus
  2. lebih berbahaya hipertensi atau hipotensi ? tx

    BalasHapus
  3. thx banget..sangat membantu

    BalasHapus
  4. trims makasih banyak, mohon doanya juga semoga bapak cepat sembuh

    BalasHapus
  5. thankz bwt infox

    BalasHapus
  6. sering banget ini aku ngrasin darahrendah .
    ndk karuan deh rasane kayak ndk pnya tenaga .
    heuh
    berdiri aja susah , kalo kena panas dikit udah ndk kuat . kalo kecapek an rasane pengen muntah
    kalo selesei haid juga udah ndk mud buat makan .
    apa sakit darahrendahku udah parah yaa ?




    thx Godbless :)

    BalasHapus
  7. hampir lama aku ngrasin sakit darahrendah ini .
    kena panas dikit udah pusing , klo slesai haid ndk mud makan , kalo kcapek an mau muntah , ters hbs duduk gtu nek berdiri pusing bgt , jantung lemah juga .
    apa hipotensiku udah parah yaa ??




    thx godbless :)

    BalasHapus
  8. Eyeshield Dhamar19 Oktober 2011 21.24

    max nyuzzZZzz.. ..

    BalasHapus
  9. aku juga kena darah rendah nih

    BalasHapus
  10. kalo saya 100/60 itu memank sudah pusing kalo beras merah bisa membantu tidak??makase juga untuk sarannya

    BalasHapus
  11. mati aja looo!!!

    BalasHapus
  12. kalau terlalu lama duduk pas bangun pusing kaya yang mau jatoh.kayak yang ada gempa gitu padahal gak ada apa-apa.mungkin ini yah yang di namakan darah rendah.
    kalau di saat terjadi gejala itu,apa yang harus di lakukan ?....

    BalasHapus
  13. Kalau sering pusing dan tiba2 lemas apa bs di gol0ngkan darah rendah?

    BalasHapus
  14. thanks infonya... kebetulan lagi ada gejala tekaknan darah rendah. :)

    BalasHapus
  15. Twrimakasih artikel tentang hipotensi, sangat berguna bagi orang awam, sehingga dapat tau apa tyang dikerjakan agar cepat sembuh.www.bekamjogja24.blogspot.com

    BalasHapus
  16. makasih infonya..ni ibu saya yg srg mengalaminya.klo sdg kambuh,nafsu makan jg brkrg,mual mo muntah.akn kami coba sarannya.thanxs

    BalasHapus
  17. adakah ini dapat mengurangkan tekanan darah rendah??

    BalasHapus
  18. saya sering merasa pusing kalau abis duduk terus berdiri,ataupun abis jongkok. pasti pusing berat. dan juga bangun tidur pasti pusing, kalau melakukan aktivitas rumah cepat lelah, apa yang harus saya lakukan untuk mengobati pusing saya ini......

    BalasHapus
  19. trimaksih informasi sobat,saya baru saja mengalaminya....

    BalasHapus
  20. inf yang sangat bermanfaat kawan,maksih atas sharenya.

    BalasHapus
  21. thanks bngt informasinya ,,sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  22. sangat bermanfaat sekali nih.. tq.. :)

    BalasHapus
  23. informatif sekali artikelnya..

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan..