Penyakit Campak, Gejala dan Pengobatannya


Diskripsi
Penyakit ini adalah suatu infeksi virus yang sangat menular, ditandai dengan demam, batuk, pilek, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata/konjungtiva) dan ruam kulit. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak pra sekolah dan anak-anak SD, meskipun tidak menutup kemungkinan menyerang orang dewasa yang belum pernah terkena penyakit ini. Jika orang sudah terkena campak maka sepanjang hidupnya tidak akan terkena penyakit ini lagi.

Gejala
Gejala-gejala yang nampak pada penderita campak antara lain; demam tinggi, bintik putih pada bagian dalam pipi sebelah depan gigi geraham, mata merah dan berairi, tenggorokan sakit, pilek, batuk kering. Terkadang jika penderitanya anak-anak akan terjadi muntah-muntah, diare, bintik di belakang telinga.

Pengobatan
Tidak ada pengobatan khusus untuk campak. Namun untuk pencegahan biasanya diberikan vaksin campak rutin kepada anak-anak.

DetikHealth.

Subscribe to receive free email updates:

25 Responses to "Penyakit Campak, Gejala dan Pengobatannya"

  1. Sekedar masukan:
    Saat ini anak saya 10 bln dinyatak dokter terkena campak, pemicunya adalah infeksi paru2 yang lebih dahulu terdeteksi gejalanya(hasil pemeriksaan darah). Adapun ciri2 campak yang terlihat adalah deman tinggi, bintik2 merah pada sekujur tubuh, mencret tapi intesitasnya gak terlalu sering. Awalnya terlihat seperti bintik2 halus pada kulit tapi hanya tempo dua hari bintik2 tersebut semakit jelas dan terasa kasar bila di raba.Akhirnya dokter menyatakan sebagai campak dan salah satu pengebotan yang diberikan adalah antibiotik.
    Salam ini cuma masukan, hati2 bila anak anda terkena deman secara tiba2.

    BalasHapus
  2. gampang kalo anak anda kena campak kasih aja propolis dari pt mni obat ini herbal kok jadi aman buat bayi dan balita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Propolisnya d minum atw d ksh k kulit?

      Hapus
  3. ane pejwan gannn :2thumbup

    BalasHapus
  4. kl di apotik ada jual obatnya?

    BalasHapus
  5. kalo anak lagi campak jangan jauhi atau meninggalkan dia sendiri karena mentalnya sedang terganggu sehingga akan aterus menangis.beri kasih syang yang istimewa.

    BalasHapus
  6. saya sekarang terserang campak lagi di umur 23 th , padahal waktu kecil sudah pernah..

    BalasHapus
  7. kalau untuk dewasa apa langkah yg harus dilakukan
    hari pertama, demam ( tapi ngak begitu tinggi masih bisa di obati dengan panadol)
    - hari kedua, tanpa demam...tapi mulai kelihatan ada ruam warna merah disekitar tangan...
    - hari ketiga sama sama dengan hari kedua...
    - apa obatnya ya...?

    BalasHapus
  8. anak saya sudah 2 kali imunisasi camapak.tapi msh terkena campak juga,dan sekarang terkena campak lagi.jadi bukan berarti prnah terkena campak tidak akan terkena lagi tergantung sistem imunitas tubuh masing-masing

    BalasHapus
  9. umur sy 24th, dan skarang sy terkena campak.. ini bukan kali pertama.. apa penyakit campak itu bahaya?

    BalasHapus
  10. usia saya sekarang -hampir- 30th, saat ini saya terkena campak, gejala awal seperti demam dan radang biasa, sekitar hari ke-3 baru muncul bintik2 merah di kulit, dan hari itu pula dokter mendiagnosa saya terkena campak.. dulu waktu kecil memang saya belum pernah terkena, namun ada beberapa rekan kerja saya bilang mereka pernah terkena sampai 2x.. kesimpulan saya: jaga pola hidup sehat.. itu aja..

    BalasHapus
  11. saya sekarang terkena campak n umur saya 20 th.padhal 5th yg lalu saya pernh kena campak..
    kemungkinan penyebab nya apa,bukankah katanya campak itu katanya sekali seumur hidup.

    BalasHapus
  12. anak sya Arsen umurx 1O bln,saat ini sedang campak....sdh 4 hari rewel bgt kalo d taruh g mw,mwx d gendong aj.....biarpun pegel tp sya seneng saat anak membutuhkn kita,kita selalu ada.

    BalasHapus
  13. Anaku juga baru kena campak , dah 4 hari ini , alhamdulillah dg minum vit a dosis tinggi sekarang dah baikan , tinggal batuknya yang masih ngikil.....vit a 1x sehari selama 3 hari ..

    BalasHapus
  14. kalo menurut gw seharusnya segera d bawa ke dokter utk mendapatkan pertolongan. ok thanks

    BalasHapus
  15. hari ini setelah diperiksa dokter,sy dinyatakan kena campak.....padahal usia saya sudah 40 th lebih, saya pria berkeluarga dengan anak sat dan sedang menantikan anak yg kedua.
    pada perut dan dada terdapat ruam merah, disekitar muka bagian pipi juga tampak ruam merah. Padahal juga saya tidak menderita batuk flu dsb, hanya sedikit agak panas dingin (demam) namun tidak parah. Pertanyaan saya betulkah sy terkena campak? lalu makanan apa yg dianjurkan dan dilarang bagi penderita campak.

    BalasHapus
  16. Sulung Pambrasto25 Juli 2012 pukul 07.59

    Dulu saya pernah kena campak. Waktu itu saya berusia 15 tahun. Gejala campak yang saya derita kadang-kadang batuk, demam, kulit terasa gatal-gatal, adanya bintik-bintik merah di kulit saya kemudian berubah menjadi hitam. Begitu saya sembuh bintik tersebut hilang dengan sendirinya. Itu saja gejala campak yang saya derita dulu.

    BalasHapus
  17. Sulung Pambrasto25 Juli 2012 pukul 08.06

    Dulu saya pernah kena campak di usia 15 tahun. Gejala campak yang saya derita demam, batuk-batuk, sekujur tubuh saya terasa gatal-gatal, adanya bintik-bintik merah di kulit saya yang kemudian berubah menjadi hitam. Begitu saya sembuh bintik tersebut hilang dengan sendirinya. Itu saja gejalanya. Sekarang saya sudah kebal, tidak kena campak lagi.

    BalasHapus
  18. Sulung Pambrasto25 Juli 2012 pukul 08.07

    Dulu saya pernah kena campak di usia 15 tahun. Gejala campak yang saya derita demam, batuk-batuk, sekujur tubuh saya terasa gatal-gatal, adanya bintik-bintik merah di kulit saya yang kemudian berubah menjadi hitam. Begitu saya sembuh bintik tersebut hilang dengan sendirinya. Itu saja gejalanya. Sekarang saya sudah kebal, tidak kena campak lagi.

    BalasHapus
  19. kalo campak apa kl pagi merah(ruam)nya hilang tp tambah siang keluar lg?

    BalasHapus
  20. ..derita lo..

    campak tidk ad pngbatan khusus.
    pengobatan herbalpun tk ada..
    kata siappppa...?
    ngaur adjaa..

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan..